Eko Priantoro Setiawan Jogjakarta Jupiter Club (J-CLUB)

   Kota pelajar merupakan nama khas dari kota yang mempunyai keistimewaan dibandingkan kota-kota lain yang ada di Indonesia. Kota tersebut adalah Yogyakarta, di kota inilah pada tahun 1973 silam, lahir seorang pria bernama Eko Priantoro Setiawan tepat pada tanggal 05 Oktober. Pak Eko, begitulah beliau banyak disapa oleh para bikers kota pelajar. Beliau merupakan salah satu pencetus ide atau orang yang merancang konsep paguyuban Jupiter Club Jawa Tengah-Yogyakarta dengan nama Ikatan Jupiter Club Indonesia (IJCI). Siapa yang menyangka jika ide atau gagasan tersebut sekarang sudah berkembang pesat menjadi Jupiter Club Indonesia (JCI) yang meluas menjadi paguyuban club Jupiter se-Indonesia.
    Sosok pria yang berprofesi sebagai wiraswasta dan lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan jurusan mesin tahun 1994 ini, mengawali debutnya di club motor pada tahun 2002 dengan masuk di club Jupiter pertama kali di kota Yogyakarta dengan nama JOS. Setelah club JOS meredup, Pak Eko bersama Pak Tri Suhartanto (Pak T) yang memfasilitasi untuk membentuk club jupiter dengan nama baru yaitu J-CLUB atau Jogjakarta Jupiter Club. Hingga saat ini J-CLUB pun eksis didunia otomotif Yogyakarta terutama di jajaran Jupiter Club Indonesia (JCI).
   Seiring berjalannya waktu, club-club Jupiter di Jawa Tengah mulai berdiri dan berkembang, terlebih pada saat itu Yogyakarta merupakan magnet atau tujuan touring dari berbagai komunitas motor termasuk club Jupiter. Dari sinilah Pak Eko menjalin komunikasi dengan beberapa club-club Jupiter di Jawa Tengah. Hingga akhirnya berupaya untuk mendirikan sebuah paguyuban club-club Jupiter se-Jateng-DIY dengan nama IJCI.
    Saya sebagai penulis masih ingat saat masih tergabung di Jupiter Jepara Club, JJC nama club Jupiter Jepara yang sekarang JUPIEC. Pada tahun 2004 sebanyak 44 kendaraan Jupiter anggota dari JJC melaksanakan touring dengan tujuan Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut Pak Eko memberikan stiker icon bertuliskan IJCI (Ikatan Jupiter Club Indonesia) Jateng-DIY. “Ini masih sebatas wacana saja, konsep ini hanya paguyuban club jupiter dan akan kita kembangkan lagi kedepan” begitulah beliau menjelaskan kepada saya pada saat itu. Siapa yang menyangka jika wacana atau gagasan dari Pak Eko dan rekan-rekan J-CLUB tersebut, sekarang telah berkembang hingga meluas menjadi Paguyuban club Jupiter se-Indonesia.
    Saat ini Pak Eko telah dikaruniani 2 orang putra, namun beliau masih aktif di Jogjakarta Jupiter Club (J-CLUB) dan menjabat sebagai Dewan Penasehat Jupiter Club Indonesia (JCI) Region Jateng-DIY. Pak Eko J-CLUB telah memberikan inspirasi kepada kita semua, bahwa sebuah ide atau gagasan sekecil mungkin dapat memberikan manfaat hingga menyatukan persaudaraan kita semua sebagai bikers Jupiter di Indonesia.

5 komentar:

  1. tetak kibarkan jupiter club indonesia mas

    BalasHapus
  2. mas lw mau gabung anggota se indonesia gmn ya care nya????

    BalasHapus
  3. To anonim ::: Anda msuk diwilayah mana bro?
    sudah bergabung di club jupiter belum?

    To agunk ::: Tetak bahasa lain dari sunatan....?????

    BalasHapus
  4. ,,,maz,,, ikut gabung jupiter cleb,,, caranya gimana,,,,, maz

    BalasHapus
  5. Mahransyah Putra(Putra Gembe Jogja)20 Juli 2013 pukul 21.05

    Mantap...

    BalasHapus

Anda bisa memberikan komentar, saran maupun kritik pada Artikel Jupiter Club Indonesia dengan cara :
Pilih Profile >> Nama/URL >> Tulis Nama Anda >>> URL (Bisa dikosongi) >>> Poskan komentar.......